Latest Headlines
0

Selamat Datang!

Selamat datang bagi para pengunjung website resmi Bintang.

 

“If Mid is King, then Match Engine is God”.

Seragam Tandang Seragam Kandang

0

Musim 46: 3 Pertandingan Tersisa

 

 

TEAM

Dengan tiga pertandingan tersisa, tim masih berkutat di posisi 6 klasemen sementara.

  1. Pertandingan Liga minggu ke-12: 7 Mei 2016 – Bintang vs Trailblazing
  2. Pertandingan Liga minggu ke-13: 14 Mei 2016 – Verika vs Bintang
  3. Pertandingan Liga minggu ke-14: 21 Mei 2016 – Bintang vs Real Jakarta

 

Tiga orang punggawa Bintang angkat bicara mengenai keadaan tim saat ini. Ditemui pada saat santai di sebuah rumah makan di daerah Pangalengan, Bandung Selatan, dengan santai mereka menjawab pertanyaan dan memberikan pandangan-pandangannya terkait peluang tim di akhir musim.

  • Benny Wardana berkata, “Saya rasa, peluang kita untuk berada di empat besar sudah tertutup. Yang paling realistis adalah berada di posisi 5 atau 6. Bila ternyata kita finish di posisi 7, maka itu adalah…, umm, sebuah mimpi buruk (karena tim akan langsung terdegradasi ke divisi III)”.
  • Abdurrahman Adrian dengan bercanda mengatakan bahwa tim masih bisa memenangkan sesuatu di musim ini. Maksudnya adalah memenangkan pertandingan kualifikasi dengan tim dari divisi III yang akan dihadapi jika tim berakhir di zona kualifikasi.
  • Irlendi Mahmudi yang baru mencetak 4 gol musim ini (2 di liga dan 2 lainnya di kejuaraan) berkata, “Ini musim terburuk saya dan saya rasa juga menjadi musim terburuk untuk tim. Bukan, bukan berarti bahwa performa saya (seorang) yang tidak bagus sehingga tim menjadi berada di (posisi) bawah (klasemen sementara), tapi sepertinya memang semua yang telah direncanakan di awal-awal musim oleh kami, tidak berjalan sebagaimana mestinya. Itu saja”.

Mereka bertiga sependapat bahwa, serangkaian hasil buruk yang didapat musim ini adalah tanggung jawab semua, bukan tanggung jawab pelatih dan jajaran staf saja.

Kita bukan hanya sebuah tim, kita adalah keluarga. Bintang adalah sebuah keluarga, ikatan persaudaraan antar pemain tidak dapat diragukan lagi. Ukhuwah, satu kata yang paling tepat untuk menggambarkan bentuk ikatan dalam tim ini.


 

Team: Together Everyone Achieve More. Yup, dengan bersinergi bersama-sama, setiap orang yang berada di dalamnya akan mendapatkan hal yang lebih dibandingkan bila ia bekerja sendiri.

Bersinarlah Bintang!

4

Panduan bagi Pemula


Panduan bagi Pemula

terjemahan bebas dari http://www.hattrick.org/Help/BeginnersGuide.aspx

Anda adalah manajer yang berkuasa atas segala hal yang terkait dengan klub. Anda merancang taktik dan strategi, memutuskan apa yang dilatih dan memilih pemain-pemain yang harus bertanding. Anda bisa membeli dan menjual para pemain, berinvestasi pada pembangunan arena stadion dan banyak lagi.

1. Keuangan. Uang merupakan faktor yang sangat penting, jadi berpikirlah dengan cermat pada apa yang harus anda belanjakan. Saran terbaik untuk permulaan adalah tidak membelanjakan uang sampai anda mengetahui kegunaannya dan bagaimana mendapat hasil terbaik dari  uang yang dikeluarkan.

Anda mendapatkan uang dari pertandingan, sponsor, fans, dan dari penjualan pemain. Pendapatan ini harus bisa menutupi beban pengeluaran untuk membayar gaji pemain dan staf, serta perawatan arena. Uang yang ada juga bisa digunakan untuk pembelian pemain maupun pembangunan arena.

2. Pemain. Luangkan waktu untuk lebih mengetahui pemain anda dan skill (ketrampilan) mereka. Klik pada link skill untuk melihat berapa nilainya (dalam skala 20). Pelatihmu telah memilih siapa saja yang menjadi pemain kunci (menurut pendapatnya) untuk membantumu memasang formasi.

Hampir semua pemain pasti akan menggunakan beberapa skill untuk sebuah posisi pada pertandingan, tapi untuk sementara anda fokus pada skill utama dari tiap posisi:

  • Posisi Kiper menggunakan skill utama Keeper
  • Posisi Bek menggunakan skill utama Defending
  • Posisi Gelandang menggunakan skill utama Playmaking
  • Posisi Sayap menggunakan skill utama Winger
  • Posisi Striker menggunakan skill utama Scoring

3. Pertandingan. Panjangnya satu musim di Hattrick adalah 16 minggu, terbagi pada 14 pertandingan liga, 1 minggu untuk pertandingan kualifikasi, dan 1 minggu tanpa aktivitas liga. Anda memainkan pertandingan liga di akhir minggu (hari Sabtu siang), memainkan pertandingan cup atau pertandingan persahabatan pada pertengahan minggu. Salah satu hal yang harus dilakukan anda sebagai manajer adalah memasang match order untuk pertandingan-pertandingan anda.

Pastikan juga bahwa anda menyelenggarakan pertandingan persahabatan (friendly match) jika klub tidak berada di cup. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan menggunakan fitur friendly pool. Memainkan pertandingan persahabatan artinya anda melatih lebih banyak pemain di setiap minggunya, dan memaksimalkan training (pelatihan) anda adalah hal yang sangat penting untuk membantumu berkembang.

4. Dasar-dasar Pertandingan. Mudahnya, simulasi pertandingan dari match engine terbentuk atas tiga langkah. Di setiap babak sejumlah serangan dibentuk dari perhitungan:

  • Pertarungan lapangan tengah anda melawan musuh untuk mendapatkan kesempatan menyerang. Lapangan tengah yang lebih kuat akan lebih mungkin untuk mendapatkannya (dengan kata lain lebih memiliki kans lebih tinggi untuk mendapatkan kesempatan menyerang). Skill playmaking dari gelandang memiliki peranan besar dalam hal ini.
  • Ketika lapangan tengah (midfield) anda “memenangkan” sebuah serangan, lalu akan ditentukan seperti apa bentuk serangan tersebut (dari kiri, kanan, tengah, atau bola mati).
  • Serangan anda dari sektor tersebut akan dibandingkan dengan pertahanan lawan pada sektor itu. Serangan sektor kanan akan “dilawan” oleh pertahanan sektor kiri dan sebaliknya. Skill scoring dari penyerangmu merupakan hal yang penting/utama, khususnya untuk serangan dari sektor tengah, sedangkan skill winger dari pemain sayap akan mempengaruhi seranganmu dari sektor sayap (baik kanan ataupun kiri).

5. Pelatihan. Pelatihan (training) adalah sarana terpenting untuk meningkatkan tim anda, dan hal tersebut juga cara yang bagus untuk menghasilkan uang (penjelasan lebih lanjut ada di bawah).

Sebagai sebuah tim baru, saya merekomendasikan agar anda mengambil skill “utama/primer” untuk dilatih, seperti goalkeeping, defending, playmaking, atau scoring, dan tetap bertahan untuk terus melatih skill tersebut untuk beberapa lama sebelum anda merubah pelatihan ke skill yang lainnya. Hal ini bertujuan agar anda bisa melihat peningkatan skill dan membuat perkiraan untuk pelatihan selanjutnya.

Efek dari pelatihan diterapkan/dihitung seminggu sekali. Untuk pemain yang mendapatkan pelatihan skill yang penuh (full skill training), ia harus bermain pada posisi yang sesuai dalam waktu 90 menit di minggu tersebut. Jika ia bermain lebih dari 90 menit dalam seminggu, ia tidak akan mendapatkan efek lebih dari training. Maksudnya adalah 90 menit adalah waktu terbanyak dari seorang pemain untuk mendapatkan 100% efek dari latihan, bila bermain lebih dari 90 menit ia akan tetap mendapatkan 100% efek latihan, tidak lebih (menjadi 110% misalnya). Maka untuk mendapatkan pelatihan penuh skill playmaking, seorang pemain harus ditempatkan pada posisi gelandang (inner midfielder), sedangkan untuk mendapatkan pelatihan penuh skill scoring, ia harus bermain sebagai penyerang (forward), dan seterusnya.

6. Transfer. Anda membeli pemain baru dari bursa transfer, dan itu juga tempat di mana anda menjual pemain sendiri. Saran saya adalah cek terlebih  dulu harga pemain melalui “transfer compare” untuk mendapatkan bayangan harga beli yang wajar dari seorang pemain. Hal ini akan membantu anda untuk membeli pemain dengan harga pasar, atau bahkan di bawah harga pasar jika anda cermat.

7. Staf. Para staf berkontribusi dalam perkembangan klub anda. Beberapa asisten pelatih (assistant coach) sangat berguna untuk disewa, karena mereka meningkatkan efek pelatihanmu. Saya menyarankan untuk menyewanya 10 orang (jumlah maksimal). Staf lainnya tidak menjadi prioritas untuk disewa pada tahap awal sekarang ini, luangkan dulu waktu untuk mempelajari kegunaan staf-staf lain sebelum memutuskan untuk menyewa mereka.

8. Stadion. Akan butuh waktu untuk membangun stadion (arena) anda. Ada sebuah tips: jangan dulu membangun stadion sebelum stadion tersebut secara reguler terisi penuh, atau setidaknya 90% dari jumlah kursinya. Melakukan penambahan jumlah kursi stadion terlalu awal, hanya akan menghambur-hamburkan uang saja.

9. Pemain Muda. Merekrut pemain muda dari akademi sendiri adalah cara yang menyenangkan untuk mendapatkan pemain baru untuk tim anda. Dikarenakan ada biaya yang tidak sedikit untuk sampai dapat melakukan hal tersebut, maka saran terbaik adalah jangan dulu melakukannya sebelum anda benar-benar memahaminya. Jangan mengeluarkan uang dengan sia-sia.

10. Strategi Membangun Tim. Sebagai sebuah tim baru, strategi yang bagus adalah membangun untuk masa depan, bukan untuk sekarang. Masa depan tim anda bisa jadi terletak pada para pemain-pemain muda, maka membangun kekuatan tim dengan didasarkan kepada mereka adalah sebuah saran yang baik. Terkadang menjual pemain terbaik anda untuk mendapatkan dana agar bisa membeli seorang/beberapa pemain muda merupakan hal yang bijaksana.

Fokus pada pelatihan dan memperkuat satu bagian dari tim anda pada satu waktu, dan perkuat bagian lain pada waktu selanjutnya. Biarkan pemain utama (first team) bermain pada pertandingan liga lalu belilah beberapa trainee/pemain untuk dilatih (umur yang masih muda dengan skill yang dilatih di sekitaran passable-solid) untuk bermain semata-mata di pertandingan persahabatan saja untuk meningkatkan skill mereka. Pada permulaan karir anda, memainkan para trainee pada pertandingan liga adalah hal yang tidak buruk, asalkan anda mampu. Para pemain muda yang dilatih ini pada selanjutnya (ketika skill mereka meningkat beberapa tingkat) dapat dijual dengan harapan mendapatkan harga yang lebih tinggi dari harga saat anda membelinya dulu – agar menghasilkan uang untuk memperkuat tim anda lebih lanjut.

Pergunakan formasi pertandingan untuk memaksimalkan efek dari latihan, setidaknya di pertandingan persahabatan. Jika misalkan anda melatih scoring, pastikan untuk bermain dengan formasi yang menggunakan 3 penyerang setidaknya sekali seminggu – yang berarti lebih banyak pemain yang mendapatkan pelatihan skill secara penuh. Bila anda melatih defending, mainkan formasi yang menggunakan 5 bek.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Saya menunggu komentar-komentar dari anda.

0

Penerapan Fungsi Manajemen (POAC) dalam Hattrick

Penerapan Fungsi Manajemen (POAC) dalam Hattrick

Written by F_Totto

Setiap manajer pasti menginginkan kesuksesan bagi klub yang dipegangnya. Kesuksesan tersebut tidak mungkin dicapai tanpa perencanaan yang matang, eksekusi yang tepat, dan evaluasi yang menyeluruh.

Seorang manajer merupakan orang yang melaksanakan fungsi manajemen. Fungsi Manajemen adalah pencapaian tujuan dengan cara yang paling efektif. Di dunia manajemen, dikenal fungsi manajemen yang diciptakan oleh George R. Terry, yaitu Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling, disingkat POAC. Seorang manajer yang sukses, tak lepas dari strategi menjalankan fungsi manajemen secara baik. Sebagai seorang manajer di Hattrick, alangkah baiknya bila kita menerapkan pula fungsi manajemen yang dikonversikan sesuai dengan bagaimana dunia Hattrick bekerja.

(Artikel ini dikhususkan kepada para manajer baru, dan umumnya untuk manajer yang ingin sama-sama belajar mengelola klub).

Selamat datang kepada para manajer baru. Setelah menyelesaikan lisensi manajer, alangkah baiknya bila kita membiasakan diri terlebih dulu untuk mengenal panel-panel instrumen yang ada pada tampilan klub kita. Setelah terbiasa, tentu kendala yang dihadapi akan teratasi sedikit demi sedikit.

Setiap manajer pasti menginginkan kesuksesan bagi klub yang dipegangnya. Kesuksesan tersebut tidak mungkin dicapai tanpa perencanaan yang matang, eksekusi yang tepat, dan evaluasi yang menyeluruh. Dalam pengertian sempit, manajer yang sukses adalah mereka yang berhasil membawa klubnya ke jenjang divisi tertinggi (Ligina bila di Indonesia) dan selama apa dia mampu bertahan di sana, bahkan mampu menjuarai Hattrick Master. Dalam pengertian yang lebih luas, ukuran kesuksesan seorang manajer di dunia Hattrick sudah pasti lebih dari itu. Misal: dia sukses menjadi pelatih Tim Nasional Senior ataupun U-20, sukses mengumpulkan uang dari jual-beli pemain, serta kesuksesan-kesuksesan lainnya.

Seorang manajer merupakan orang yang melaksanakan fungsi manajemen. Fungsi Manajemen adalah pencapaian tujuan dengan cara yang paling efektif. Di dunia manajemen, dikenal fungsi manajemen yang diciptakan oleh George R. Terry, yaitu Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling, disingkat POAC. Seorang manajer yang sukses, tak lepas dari strategi menjalankan fungsi manajemen secara baik. Sebagai seorang manajer di Hattrick, alangkah baiknya bila kita menerapkan pula fungsi manajemen yang dikonversikan sesuai dengan bagaimana dunia Hattrick bekerja. Di sini, saya akan menjabarkan fungsi manajemen POAC bila diterapkan di dunia Hattrick.

1. Planning
Planning atau Perencanaan adalah proses merencanakan tujuan yang hendak dicapai dan bagaimana cara mencapainya. Dalam perencanaan, ada 5 faktor yang harus dipertimbangkan, dikenal dengan singkatan SMART, yaitu:
– Specific (Spesifik) artinya perencanaan harus jelas maksud maupun ruang lingkupnya. Tidak terlalu melebar dan terlalu idealis.
– Measurable (Dapat Diukur) artinya program kerja atau rencana harus dapat diukur tingkat keberhasilannya.
– Achievable (Dapat Dicapai) artinya bukan angan-angan tetapi memungkinkan untuk dicapai.
– Realistic (Realistis) artinya sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang ada. Tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sulit. Tapi tetap ada tantangan.
– Time (Berbatas Waktu) artinya ada batas waktu yang jelas. Harian, mingguan, bulanan, triwulan, semesteran atau tahunan. Sehingga mudah dinilai dan dievaluasi.

Di dunia Hattrick, dalam mengelola klub, apa saja yang harus direncanakan? Saya membaginya menjadi:
a. Manajemen Waktu. Yaitu berapa lama waktu yang kita mampu alokasikan untuk mengelola klub kita.
1) Minimal. Mengalokasikan waktu satu hari dalam seminggu, yaitu hari Sabtu tepat sebelum kick-off pertandingan liga.
2) Optimal. Mengalokasikan waktu dua hari dalam seminggu, yaitu hari Sabtu dan Rabu.
3) Maksimal. Mengalokasikan waktu tujuh hari dalam seminggu.
b. Membagi kelompok umur pemain. Di klub, ada sejumlah pemain dengan rentang umur 17-40 tahun, (bila memiliki Youth Academy, umur termuda adalah 15). Semakin muda umur seorang pemain, maka semakin cepat tingkat kecepatan latihan (training) dan tingkat pemulihan cederanya (bila cedera).
1) 17-18.
2) 19-21.
3) 22-28.
4) 29-40.
Dengan membagi pemain ke dalam kelompok umur, maka kita bisa merencanakan kesinambungan regenerasi pemain.
c. Pelatihan (Training). Melatih pemain memiliki dua tujuan utama, yaitu:
1) Untuk dijual kembali.
2) Untuk memperkuat tim.
d. Pelatih. Pelatih merupakan komponen penting dalam proses pelatihan. Semakin tinggi kemampuannya, semakin cepat pemain berkembang. Saya menyarankan untuk segera mengganti pelatih dengan kemampuan minimal passable. Tingkat kepemimpinan/leadership dengan tingkat poor saja karena murah.
e. Arena. Dengan kapasitas awal sebesar 12.ooo tempat duduk, janganlah terburu-buru untuk segera menambahnya. Pelajari dulu jumlah penonton yang datang dari pertandingan ke pertandingan. Ada rumus yang berlaku, yaitu Besar Arena = Jumlah Fans x 30. Jangan lupa untuk mengetahui proporsi tiap tempat duduk (stands).

2. Organizing
Organizing atau Pengaturan adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya yang dimiliki klub untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan klub. Organizing dalam Hattrick saya bagi menjadi:
a. Penempatan Staf (Staffing). Staf merupakan bawahan kita untuk membantu kita mengeolola klub dengan tugas yang bermacam-macam bergantung dari posisinya. Ada 5 tipe staf di Hattrick, yaitu Asisten Pelatih, Spokesperson, Psikologis, Fisioterapis, dan Dokter. Ada beberapa tipe/pendekatan yang saya miliki, yaitu:
– Tipe A (Pendekatan Training). Pendekatan ini hanya mengisi staf dengan 10 Asisten Pelatih. Tujuannya adalah memberikan efek maksimal dalam proses latihan. Keuntungan lain adalah biaya yang dikeluarkan hanya untuk 10 orang staf saja: Rp 180.000.000.
– Tipe B (Pendekatan Lain). Pendekatan ini mengisi staf dengan 20 orang staf. 10 orang sebagai Asisten Pelatih, 10 orang sebagai staf lain. Misal, jika kita memiliki Pendekatan Pemulihan Pemain, maka 10 orang sebagai Dokter. Biaya yang dikeluarkan menjadi dua kali lipat, yaitu: Rp 360.000.000.
– Tipe C (Optimalisasi). Pendekatan ini mengisi staf dengan 30 orang staf, jumlah maksimal yang diperkenankan oleh Hattrick. Proporsinya bermacam-macam, namun untuk Asisten Pelatih tetap 10 orang.
b. Pengelolaan Keuangan (Budgetting). Finansial merupakan komponen yang menjadi nyawa sebuah klub. Seorang manajer yang mampu mengelola finansial klubnya, artinya dia mampu mempertahankan kelangsungan hidup klubnya dari waktu ke waktu. Menabung merupakan kebijakan yang baik, namun jangan menjadi seorang manajer yang kikir. Sebuah hal yang baik bila kita mampu mempertahankan tren positif (lebih besar pendapatan dari pada pengeluaran klub), namun jangan ragu bila kita harus mempergunakan tabungan yang ada untuk membeli pemain yang memang sangat dibutuhkan klub, membayar gaji para pemain dari minggu ke minggu, dan hal lain sebagainya. Saya menilai sisi finansial di klub per 2 minggu, setelah pertandingan Kandang lalu Tandang di Liga. Hal ini bisa dijadikan patokan untuk melihat kesehatan keuangan klub.
c. Pengaturan Formasi. Pertandingan merupakan sisi yang paling menarik di Hattrick. Mulai dari melihat calon lawan, menebak strategi yang akan dipakai, menilai kekuatan dan kelemahan lawan, mengukur kemampuan dan kekurangan tim kita, sampai hal-hal kecil lainnya yang berhubungan dengan itu. Untuk mengatur formasi serta taktik yang dipakai oleh kita, seorang manajer harus memiliki pendalaman terlebih dulu dengan pemainnya. Setelah kita mengenal pemain yang dimiliki, maka kita mengetahui di mana letak kekurangan kita. Apakah masih ada waktu sebelum pertandingan untuk ditambal dengan membeli pemain baru atau menggunakan strategi jitu lainnya. Satu yang perlu diingat: Jangan hanya berpikir bagaimana agar tim kita tidak kebobolan, tetapi pikirkan juga bagaimana cara membobol gawang lawan.
d. Berinteraksi. Mengapa kita perlu berinteraksi? Sepenting apakah kita mengalokasikan waktu untuk berinteraksi? Berinteraksi di Hattrick bukan melakukan interaksi dengan manajer lainnya saja. Interaksi yang saya maksud di sini dapat dilakukan oleh mereka yang memilih diam. Diam dalam arti kata menjadi pengamat di forum, seorang silent reader pada artikel, maupun hal lainnya. Jadi, berinteraksi di Hattrick, menurut saya tidak terbatas harus aktif di Forum (meskipun bila kita aktif, maka pengetahuan/wawasan akan meningkat, lebih dikenal manajer lain, dll). Mencari & membuka link yang berhubungan dengan Hattrick lalu mempelajarinya untuk meningkatkan keahlian kita, saya kategorikan sebagai interaksi juga.

3. Actuating
Actuating atau Pelaksanaan adalah suatu kegiatan yang dijalankan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Setelah kita menyusun rencana dan mengatur segala hal di klub kita, maka hal yang harus dikerjakan selanjutnya adalah melaksanakan apa yang direncanakan. Perencanaan sebaik apapun, tidak akan mewujudkan tujuan kita bila tidak dilaksanakan. Jangan takut untuk memutuskan kebijakan untuk klub kita. Pengalaman adalah guru yang paling berharga, kita mendapat pengalaman dari apa yang kita lakukan. Bahkan pengalaman yang orang lain dapatkan, bisa menjadi pelajaran buat kita. Learning by Doing, betul? Bukan, Learning by Planning.

4. Controlling
Controlling atau Pengawasan adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengevaluasi sudah sejauh mana pencapaian kita dari rencana yang telah disusun. Selain itu pengawasan dilakukan untuk mengevaluasi bila ada hal-hal yang tidak sejalan dengan rencana yang ditetapkan dari awal, sehingga kita bisa dengan segera melakukan perbaikan. Saya membagi fungsi pengawasan ke dalam beberapa termin waktu:
a. Evaluasi per pertandingan. Hal ini dilakukan untuk menilai sejauh mana kekuatan tim kita. Memperdalam pengetahuan tentang bagaimana sebuah pertandingan berlangsung. Merencanakan hal yang harus dilakukan setelahnya.
b. Evaluasi per minggu. Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja klub secara menyeluruh. Dari sisi finansial, pelatihan, dan lain-lain.
c. Evaluasi per musim. Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi rencana awal musim, apakah tercapai atau tidak.

Perlu diingat bahwa kesuksesan di Hattrick dicapai dengan cara marathon, bukan sprint. Jangka panjang, bukan jangka pendek bersifat sementara. Ada pameo yang tepat untuk menggambarkannya: Tumbuhlah seperti pohon; tidak tergesa.

Semoga artikel ini berguna bagi kemajuan Hattrick-ers Indonesia. Amin.

0

Protected: link yg berguna

This content is password protected. To view it please enter your password below: