Panduan bagi Pemula


Panduan bagi Pemula

terjemahan bebas dari http://www.hattrick.org/Help/BeginnersGuide.aspx

Anda adalah manajer yang berkuasa atas segala hal yang terkait dengan klub. Anda merancang taktik dan strategi, memutuskan apa yang dilatih dan memilih pemain-pemain yang harus bertanding. Anda bisa membeli dan menjual para pemain, berinvestasi pada pembangunan arena stadion dan banyak lagi.

1. Keuangan. Uang merupakan faktor yang sangat penting, jadi berpikirlah dengan cermat pada apa yang harus anda belanjakan. Saran terbaik untuk permulaan adalah tidak membelanjakan uang sampai anda mengetahui kegunaannya dan bagaimana mendapat hasil terbaik dari  uang yang dikeluarkan.

Anda mendapatkan uang dari pertandingan, sponsor, fans, dan dari penjualan pemain. Pendapatan ini harus bisa menutupi beban pengeluaran untuk membayar gaji pemain dan staf, serta perawatan arena. Uang yang ada juga bisa digunakan untuk pembelian pemain maupun pembangunan arena.

2. Pemain. Luangkan waktu untuk lebih mengetahui pemain anda dan skill (ketrampilan) mereka. Klik pada link skill untuk melihat berapa nilainya (dalam skala 20). Pelatihmu telah memilih siapa saja yang menjadi pemain kunci (menurut pendapatnya) untuk membantumu memasang formasi.

Hampir semua pemain pasti akan menggunakan beberapa skill untuk sebuah posisi pada pertandingan, tapi untuk sementara anda fokus pada skill utama dari tiap posisi:

  • Posisi Kiper menggunakan skill utama Keeper
  • Posisi Bek menggunakan skill utama Defending
  • Posisi Gelandang menggunakan skill utama Playmaking
  • Posisi Sayap menggunakan skill utama Winger
  • Posisi Striker menggunakan skill utama Scoring

3. Pertandingan. Panjangnya satu musim di Hattrick adalah 16 minggu, terbagi pada 14 pertandingan liga, 1 minggu untuk pertandingan kualifikasi, dan 1 minggu tanpa aktivitas liga. Anda memainkan pertandingan liga di akhir minggu (hari Sabtu siang), memainkan pertandingan cup atau pertandingan persahabatan pada pertengahan minggu. Salah satu hal yang harus dilakukan anda sebagai manajer adalah memasang match order untuk pertandingan-pertandingan anda.

Pastikan juga bahwa anda menyelenggarakan pertandingan persahabatan (friendly match) jika klub tidak berada di cup. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan menggunakan fitur friendly pool. Memainkan pertandingan persahabatan artinya anda melatih lebih banyak pemain di setiap minggunya, dan memaksimalkan training (pelatihan) anda adalah hal yang sangat penting untuk membantumu berkembang.

4. Dasar-dasar Pertandingan. Mudahnya, simulasi pertandingan dari match engine terbentuk atas tiga langkah. Di setiap babak sejumlah serangan dibentuk dari perhitungan:

  • Pertarungan lapangan tengah anda melawan musuh untuk mendapatkan kesempatan menyerang. Lapangan tengah yang lebih kuat akan lebih mungkin untuk mendapatkannya (dengan kata lain lebih memiliki kans lebih tinggi untuk mendapatkan kesempatan menyerang). Skill playmaking dari gelandang memiliki peranan besar dalam hal ini.
  • Ketika lapangan tengah (midfield) anda “memenangkan” sebuah serangan, lalu akan ditentukan seperti apa bentuk serangan tersebut (dari kiri, kanan, tengah, atau bola mati).
  • Serangan anda dari sektor tersebut akan dibandingkan dengan pertahanan lawan pada sektor itu. Serangan sektor kanan akan “dilawan” oleh pertahanan sektor kiri dan sebaliknya. Skill scoring dari penyerangmu merupakan hal yang penting/utama, khususnya untuk serangan dari sektor tengah, sedangkan skill winger dari pemain sayap akan mempengaruhi seranganmu dari sektor sayap (baik kanan ataupun kiri).

5. Pelatihan. Pelatihan (training) adalah sarana terpenting untuk meningkatkan tim anda, dan hal tersebut juga cara yang bagus untuk menghasilkan uang (penjelasan lebih lanjut ada di bawah).

Sebagai sebuah tim baru, saya merekomendasikan agar anda mengambil skill “utama/primer” untuk dilatih, seperti goalkeeping, defending, playmaking, atau scoring, dan tetap bertahan untuk terus melatih skill tersebut untuk beberapa lama sebelum anda merubah pelatihan ke skill yang lainnya. Hal ini bertujuan agar anda bisa melihat peningkatan skill dan membuat perkiraan untuk pelatihan selanjutnya.

Efek dari pelatihan diterapkan/dihitung seminggu sekali. Untuk pemain yang mendapatkan pelatihan skill yang penuh (full skill training), ia harus bermain pada posisi yang sesuai dalam waktu 90 menit di minggu tersebut. Jika ia bermain lebih dari 90 menit dalam seminggu, ia tidak akan mendapatkan efek lebih dari training. Maksudnya adalah 90 menit adalah waktu terbanyak dari seorang pemain untuk mendapatkan 100% efek dari latihan, bila bermain lebih dari 90 menit ia akan tetap mendapatkan 100% efek latihan, tidak lebih (menjadi 110% misalnya). Maka untuk mendapatkan pelatihan penuh skill playmaking, seorang pemain harus ditempatkan pada posisi gelandang (inner midfielder), sedangkan untuk mendapatkan pelatihan penuh skill scoring, ia harus bermain sebagai penyerang (forward), dan seterusnya.

6. Transfer. Anda membeli pemain baru dari bursa transfer, dan itu juga tempat di mana anda menjual pemain sendiri. Saran saya adalah cek terlebih  dulu harga pemain melalui “transfer compare” untuk mendapatkan bayangan harga beli yang wajar dari seorang pemain. Hal ini akan membantu anda untuk membeli pemain dengan harga pasar, atau bahkan di bawah harga pasar jika anda cermat.

7. Staf. Para staf berkontribusi dalam perkembangan klub anda. Beberapa asisten pelatih (assistant coach) sangat berguna untuk disewa, karena mereka meningkatkan efek pelatihanmu. Saya menyarankan untuk menyewanya 10 orang (jumlah maksimal). Staf lainnya tidak menjadi prioritas untuk disewa pada tahap awal sekarang ini, luangkan dulu waktu untuk mempelajari kegunaan staf-staf lain sebelum memutuskan untuk menyewa mereka.

8. Stadion. Akan butuh waktu untuk membangun stadion (arena) anda. Ada sebuah tips: jangan dulu membangun stadion sebelum stadion tersebut secara reguler terisi penuh, atau setidaknya 90% dari jumlah kursinya. Melakukan penambahan jumlah kursi stadion terlalu awal, hanya akan menghambur-hamburkan uang saja.

9. Pemain Muda. Merekrut pemain muda dari akademi sendiri adalah cara yang menyenangkan untuk mendapatkan pemain baru untuk tim anda. Dikarenakan ada biaya yang tidak sedikit untuk sampai dapat melakukan hal tersebut, maka saran terbaik adalah jangan dulu melakukannya sebelum anda benar-benar memahaminya. Jangan mengeluarkan uang dengan sia-sia.

10. Strategi Membangun Tim. Sebagai sebuah tim baru, strategi yang bagus adalah membangun untuk masa depan, bukan untuk sekarang. Masa depan tim anda bisa jadi terletak pada para pemain-pemain muda, maka membangun kekuatan tim dengan didasarkan kepada mereka adalah sebuah saran yang baik. Terkadang menjual pemain terbaik anda untuk mendapatkan dana agar bisa membeli seorang/beberapa pemain muda merupakan hal yang bijaksana.

Fokus pada pelatihan dan memperkuat satu bagian dari tim anda pada satu waktu, dan perkuat bagian lain pada waktu selanjutnya. Biarkan pemain utama (first team) bermain pada pertandingan liga lalu belilah beberapa trainee/pemain untuk dilatih (umur yang masih muda dengan skill yang dilatih di sekitaran passable-solid) untuk bermain semata-mata di pertandingan persahabatan saja untuk meningkatkan skill mereka. Pada permulaan karir anda, memainkan para trainee pada pertandingan liga adalah hal yang tidak buruk, asalkan anda mampu. Para pemain muda yang dilatih ini pada selanjutnya (ketika skill mereka meningkat beberapa tingkat) dapat dijual dengan harapan mendapatkan harga yang lebih tinggi dari harga saat anda membelinya dulu – agar menghasilkan uang untuk memperkuat tim anda lebih lanjut.

Pergunakan formasi pertandingan untuk memaksimalkan efek dari latihan, setidaknya di pertandingan persahabatan. Jika misalkan anda melatih scoring, pastikan untuk bermain dengan formasi yang menggunakan 3 penyerang setidaknya sekali seminggu – yang berarti lebih banyak pemain yang mendapatkan pelatihan skill secara penuh. Bila anda melatih defending, mainkan formasi yang menggunakan 5 bek.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Saya menunggu komentar-komentar dari anda.

About francesco_totto